Studi Karakteristik Catchment Area Waduk Sei Pulai di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau

Ismail Widadi, Tharina Nursalika Adhyati, Muhammad Arby, Anzilirrohmah Litsaniyah

Abstract

Dalam penentuan karakteristik catchment area, salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan proses kalibrasi debit andalan dengan input berupa data curah hujan dan data tinggi muka air (TMA) pada waduk. Data curah hujan didapatkan dari pencatatan di pos hidroklimatologi Sei Pulai, sedangkan untuk data tinggi muka air waduk didapatkan dari PDAM Tirta Kepri. Selain itu, terdapat kapasitas produksi waduk Sei Pulai juga yang didapatkan PDAM Tirta Kepri.

Untuk analisis debit andalan dengan menggunakan data curah hujan, metode yang digunakan adalah metode FJ Mock. Sedangkan untuk analisis debit andalan dengan menggunakan data tinggi muka air yang dikonversi menjadi debit aliran. Proses konversi menggunakan prinsip inflow = delta storage + outflow. Dalam penentuan debit andalan, digunakan persamaan Weibull. Proses kalibrasi menggunakan metode trial and error.

Dari proses kalibrasi, output yang dikeluarkan berupa kesesuaian karakteristik catchment area waduk Sei Pulai. Hasil kesesuaian karakteristik catchment area dapat digunakan sebagai patokan dalam perencanaan debit andalan di pulau Bintan. Adapun debit andalan ini dapat digunakan dalam banyak kegiatan perencanaan, seperti pola operasi waduk dan rencana tahunan operasi waduk Sei Pulai. Dengan hasil yang lebih presisi, perencanaan yang dilakukan pun lebih tepat sasaran.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.